PEMILWA UNY

PEMILU MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Protes dan Demonstrasi dilakukan dengan mengatasnamakan keadilan dilakukan didepan Rektorat oleh berbagai golongan lembaga dan fakultas setelah adnya keputusan KPU tentang pengurangan perolehan suara atas pelanggaran yang dilakukan.

Adanya sebuah ketimpangsiuran tentang adanya sebuah proses pemilihan mahasiswa di Universitas Negeri Yogyakarta setelah beredarnya kasus KPU (Komisi Pemilihan Umum –red) Universitas yang memihak salah satu partai terpilih menjadikan sebuah putusan dari BEM  ( Badan Eskekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa –red) memutuskan untuk memecat KPU dengan dalih ketidakprofesionalan tersebut.

Padahal di lain sisi sebuah kegoncangan tersebut terjadi dikarenakan setelah terbukti melakukan pelanggaran (salah satu partai terpilih) kemudian KPU mempunyai keputusan untuk memberikan sanksi berupa pemotongan perolehan suara dari partai, yakni : 20% untuk partai KITTA dan 65% untuk partai TUGU sementara Partai Gaul dengan perolehan suaranya tetap mampu untuk mengungguli kedua partai tersebut (disadur dari keputusan KPU Univ. Tanggal 28 Desember 2010).

Hal ini menjadikan sebuah kegoncangan dalam pemeriksaan oleh DPM REMA UNY yang menganggap keputusan KPU tersebut sangatlah tidak professional dan kemudian memberikan laporan kepada BEM untuk memberikan sanksi bahwa KPU perlu untuk diberhentikan.

Padahal semestinya dalam kenyatanya sebuah lembaga independent seperti kpu itu mempunyai kedudukan lebih tinggi atau setara dengan lembaga eskekutif seperti bem rema. Dengan kata lain dalam konteks ini, pemecatan yang dilakukan bem rema kepada kpu tersebut sangatlah tidak wajar, walaupun dalam konteks ini BEM sebagai lembaga yang melantik adanya KPU, namun akankan lembaga independent dapat di nonaktifkan tanpa sepengetahuan salah satu pihak dan APAKAH DALAM BEM SENDIRI TERDAPAT SESUATU HAL YANG MENJADIKAN LEMBAGA TERSEBUT DENGAN KEKUASAANNYA MEMBUAT KEPUTUSAN YANG SANGAT MENGAGETKAN?

Kebingungan ini nampak ketika BEM hanya menjadikan keputusannya tersebut sebagai posting di salah satu website ternama (FB –red). Dan dalam konteks untuk memecat, menggantikan KPU yang lama dan membuat sebuah perekrutan dalam bentuk online juga melalui posting dalam website tersebut. PADAHAL DALAM KEPUTUSANNYA MEMBUAT DAN MELANTIK KPU 1X24 JAM NAMUN HANYA DALAM KURUN WAKTU HAMPIR 10 JAM SUDAH DILAKSANAKAN PEMECATAN, PEREKRUTAN DAN SEKALIGUS PELANTIKAN TANPA MEMBERITAHU SIAPA YANG DIPECAT, SIAPA YANG DI REKRUT DAN SIAPA YANG DILANTIK, DAN UNTUK MENEMPATI POSISI YANG MANA DAN BAGAIMANA TUGASNYA.

Setelah hal itu dideklarasikan oleh lembaga tersebut secara sepihak BEM , DPM dan segenap KPU yang baru dilantik kemudian mengadakan proses penghitungan ulang dengan mengundang 3 partai terpilih. Namun dengan adanya sesuatu yang dirasa ganjil oleh salah satu partai tersebut kemudian dilakukan protes dengan berbagai argumen tentang BEM yang sangat memihak pada salah satu partai yang menjadi kontrofersi. Namun seakan hal tersebut tidak menjadi problema dalam BEM sendiri maka protes salah satu partai tersebut hanya menjadi sebuah argumen semata dan tanpa anggapan yang jelas tanpa bukti dan hanya sebuah rekayasa (padahal ketua KPU baru pun sudah mengakui bahwa mereka pun tidak sah) hal ini aneh bin mustahil?

AKANKAH INI POTRET KEHIDUPAN POLITIK KAMPUS YANG SEBENARNYA DI UNY?

Ataukah

HANYA SEBUAH STATMENT SEBUAH KEKUASAAN YANG DISELEWENGKAN OLEH SEBUAH PENGUASA YANG TIDAK JELAS JUNTRUNGANNYA?

5 responses to this post.

  1. seharusnya BEM REMA bisa mengetasi permasalahan itu secara dewasa, dan tak perlu menggunjingkannya… apalagi lewat FB…. padahal yang di BEM kan merupakan pilihan Mahasiswa, dan di KPU juga pilihan, tapi kenapa kerjanya seperti itu… antara profesional atau tidak, Mahasiswalah yang pantas memutuskan, karena Mahasiswa disini sebagai rakyat….
    NICE POST Bro…
    Keep Posting….
    the_andri_pakketu

    Reply

    • terimaksih atas komentar anda piwda17
      setuju sekali apa yang anda perbincangkan dan saya perbincangkan
      banyak sekali kejanggalan yang menjadi seakan-akan momok bagi KPU lama
      mengingat mereka tanpa sepengetahuan langsung saja di pecat

      padahal dalam kasus ini yang jelas
      Mereka (bem REMA-red) yang membuat Peraturan, menlaksanakan peraturan, melanggar dan dengan sengaja menuntut kejelasan
      padahal jika diturut-turut BEM rema UNY yang justru tidak professional

      cayo-cayo

      Reply

  2. Posted by han on 2011年1月13日 at 5:33 AM

    ada yang lebih parah diantara yang itu….yakni keputusan rektorat dengan hasil sidang tertanggal 5 januari 2011 kemarin berisikan:
    1. BEM REMA harus mengembalikan citra nama baik KPU UNIV (SK rektorat ) dari hal-hal yang dapat merugikan pengurus KPU UNIV
    2. BEM REMA harus memecat KPU rema (SK presiden rema)
    3. BEM REMA harus menarik dan membersihkan buliten serta panflet-panflet yang di sebarkan oleh KPU rema (SK presiden rema)
    4. rektorat membuat tim indenpenden yang berjumlah 7 mahasiswa yang akan mengungkap semuanya

    dari kesemua itu hanya no 4 saja yang sudah terlaksana. tetapi yang no 1-3 belum ada yang terlaksana hingga sekarang. KPU dan PAnwaslu sudah memberikan surat tetapi tidak di gubris juga dengan pihak presiden BEM REMA UNY. apakah ini yang di namakan seorang pemimpin mahasiswa.

    Reply

    • coba tebak
      darimanakah tim independent yang terbentuk itu

      jika tim itu sendiri terbentuk dari saudara kita di lembaga lain itu

      maka akan ada dampak yang sama saja jika hal itu dilaksanakan

      tidak akan jauh lebih baik dari yang sebelumnya (keputusan memecat KPU univ -red)

      Reply

  3. yang perlu ditilik kemudian adalah SIAPA (Kelompok-red) sebenarnya yang ada dibalik BEM ReMa..sehingga seringkali membuat kebijakan2 yang mengatasnamakan utk kpentingan seluruh mahasiswa UNY, tpi nyatanya justru hanya menguntungkan slah satu pihak atau golongan..

    *nice post..🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: