KASUS SARA DI INDONESIA

Terdakwa Kasus Poso Divonis 10-19 Tahun

JAKARTA – Para terdakwa sejumlah kasus berbeda di Poso dan Palu, Sulawesi Tengah, divonis bervariasi antara 10 sampai 19 tahun penjara dalam persidangan terpisah di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (3/12).

Terdakwa penembakan Pendeta Irianto Kongkoli (Oktober 2006) dan peledakan Pasar Babi Mahesa di Palu (31 Desember 2005), Abdul Muis alias Muis bin Kamarudin, divonis 19 tahun penjara.

Sebelumnya lelaki kelahiran Palu itu dituntut 20 tahun penjara oleh jaksa.

Vonis 19 tahun juga dijatuhkan pada Rahman Kalahe alias Wiwin. Terdakwa itu dinyatakan bersalah melakukan pemenggalan kepala atau mutilasi tiga siswi SMA Kristen Poso tahun 2005.

Sementara, terdakwa kasus pengeboman Pasar Tentena, Poso, Syaiful Anam alias Mujadid alias Brekele, divonis 18 tahun penjara. Vonis ini lebih ringan dari tuntutan jaksa sebelumnya, yakni 20 tahun.

Adapun terdakwa Yudi Heriyanto Parsan alias Udit, dinyatakan terbukti melakukan permufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana terorisme bersama Wiwin. Dia divonisi 10 tahun penjara karena melakukan survei pada tiga siswi sebelum Wiwin melakukan penembakan.

Hanya Tersenyum

Mendengar putusan vonis, Muis tampak senyam-senyum. Ia mengatakan pikir-pikir untuk mengajukan banding dalam sidang yang dipimpin hakim Aswan Nurcahyo tersebut. “Oh jelas nggak terimalah,” ujar Muis singkat saat meninggalkan persidangan.

Sementara, Brekele, setelah mendengar vonis yang dibacakan ketua majelis hakim Haryanto langsung berteriak “Allahu Akbar!”

Lelaki berusia 26 tahun asal Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar itu menyatakan pikir-pikir untuk mengajukan banding.

Ketua majelis hakim Aswan Nurcahyo, usai membacakan putusan, menyarankan agar Wiwin dan Yudi menerima putusan dengan lapang dada dan berdoa.

“Akan lebih baik Anda baca doa untuk semuanya, tanpa terkecuali. Karena ini akan bermanfaat supaya Anda punya kepercayaan diri lagi,” ujar Aswan. (dtc-62)

Dimuat di http://www.suaramerdeka.com/harian/0712/04/nas15.htm didownload   pada tanggal12 januari 2011 pada jam 21.50

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: